a. Dosen
Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan. Teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Di era digitalisasi, dosen dituntut untuk semakin mengembangkan wawasan dan pengetahuan, sehingga dapat bersaing dan bertransformasi terhadap perkembangan dunia pendidikan
a.1 Kecukupan dan Kualifikasi Dosen
Prodi Akuntansi Syariah FEBI IAIN Syekh Nurjati memiliki jumlah dan kualifikasi dosen yang melampaui ketentuan SN Dikti, semua dosen prodi akuntansi syariah memiliki latar belakang pendidikan yang relevan dengan bidang keahlian.
Untuk memenuhi kebutuhan akan dosen dan tenaga kependidikan secara kuantitatif dan kualitatif sesuai dengan Visi, Misi, Tujuan dan Strategi (VMTS) Unit Pengelola Program Studi, yaitu Institut melakukan seleksi/perekrutan dosen dan tenaga kependidikan dengan mengikuti jadwal penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) secara nasional. Pelaksanaan rekrutmen dosen dan tenega kependidikan tersebut berdasar pada Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2015 tentang Guru dan Dosen dan Peraturan Pemerintah yang diatur oleh Badan Kepegawaian Negara Nomor 44 Tahun 2018 tentang petunjuk teknis penerimaan PNS. Proses seleksi dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu:
- Seleksi administrasi dilakukan bagi pelamar yang telah dinyatakan memenuhi persyaratan pada tes kompetensi dasar.
- Tes Kompetensi dasar, dilaksanakan bagi semua pelamar yang memenuhi persyaratan pendaftaran. Tes dilaksanakan menggunakan CAT, dengan cakupan materi meliputi tes wawasan kebangsaan, tes intelegensia umum, dan tes karakteristik pribadi.
- Tes kompetensi bidang, dilaksanakan bagi pelamar yang memenuhi persyaratan administrasi. Metode tes dan cakupan materi pada tes kompetensi dasar ini ditentukan oleh masing-masing unit kerja yang dituju. Khusus bagi rekrutmen dosen, materi dalam tes ini selain wawancara, terdapat juga tes micro teaching.
Rencana penugasan dosen mencakup perencanaan dosen dalam hal jabatan fungsional (Lektor, Lektor kepala, Guru Besar), studi lanjut S3 di dalam dan luar negeri, rekrutmen dosen untuk memenuhi rasio dosen mahasiswa dan kompetensi, program pelatihan dosen, program kesejahteraan dosen, peningkatan kompetensi pejabat struktural. Penugasan dosen tetap dan tidak tetap beserta jumlah dan kualifikasi.
Pengembangan SDM UPPS dan Prodi Akuntansi Syariah dengan mempertimbangan pengembangan soft skills, baik untuk mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan. Hal ini sesuai dengan Renstra IAIN Syekh Nurjati 2020-2024 telah mencantumkan beberapa tata nilai yang dapat menjadi acuan pengembangan soft skill yaitu: moral, karakter, unggul, inklusif, tanggung jawab, dan kebebasan. Karakter yang akan dikembangkan mengacu pada karakter IAIN Syekh Nurjati yang meliputi bertekad mengayomi, leadership, integritas, kepedulian dan pantang menyerah. Pengembangan soft skill FEBI IAIN Syekh Nurjati didasarkan pada karakter yang diusung oleh Institut yaitu integritas, kepedulian dan pantang menyerah, serta soft skill lain yang dituntut oleh dunia kerja. Pengembangan soft skill tidak bisa dilakukan secara insidental, tetapi harus kontinu, terukur dan memiliki dampak positif bagi pemangku kepentingan (stakeholder) FEBI IAIN Syekh Nurjati. Oleh karena itu, FEBI IAIN Syekh Nurjati memerlukan road map dalam mengembangkan soft skill mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikannya. Sumber daya manusia merupakan salah satu komponen penting dalam pengelolaan program studi dan operasional FEBI IAIN Syekh Nurjati. Saat ini kebutuhan SDM sesuai dengan kebutuhan, namun berdasarkan Renstra terkait SDM, Prodi Akuntansi Syariah FEBI IAIN Syekh Nurjati memiliki rencana pengembangan dalam SDM untuk kualitas SDM baik secara kuantitatif maupun kualitatif.
Prodi Akuntansi Syariah FEBI IAIN Syekh Nurjati Cirebon didukung oleh sumber daya manusia dengan kuantitas dan kualitas yang memadai untuk memfasilitasi proses belajar mengajar, penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat. Berikut penjelasan detail dari kapasitas dan kapabilitas SDM di Prodi Akuntansi Syariah :
a) Jumlah DTPS adalah sebanyak 22 orang yang keseluruhan dosen berstatus NIDN. Jumlah ini telah melampaui SN Dikti sebanyak 5 orang dan SN PT sebanyak 8 orang.
b) berdasarkan pendidikan, proporsi DTPS berpendidikan S3 sebanyak 12 orang (54,54%) dan S2 sebanyak 10 orang (45,45%). Komposisi ini telah melampaui SN Dikti minimal S2.
c) Jabatan akademik DT Prodi Akuntansi Syariah FEBI IAIN Syekh Nurjati memiliki Guru Besar sebanyak 5 orang (22,72%), Jabatan Lektor Kepala 6 orang (27,27%), Jabatan Lektor 8 orang (36,36%), dan Asisten Ahli berjumlah 3 orang (13,63%) dari keseluruhan DTPS.
Jumlah ini juga akan meningkat dikarenakan terdapat beberapa DTPS yang dalam proses pengajuan jabatan fungsional menuju lektor, lektor kepala dan Guru Besar. Karakteristik jumlah dosen tetap program studi (DTPS) pada Prodi Akuntansi Syariah berdasarkan Pendidikan terakhir dan jabatan akademik serta sertifikasi dosen sebagai berikut:
Tabel 4. Karakteristik Jumlah Dosen
Sebagian besar dosen Prodi Akuntansi Syariah selain akademisi juga sebagai praktisi. Selain itu juga terdapat kegiatan praktisi mengajar yang bekerjasama dengan alumni yaitu program dimana praktisi para alumni yang bekerja sebagai auditor, akuntan manajemen perusahaan dan lainnya menjadi team teaching dengan dosen tetap untuk mengajar mata kuliah yang relevan. Jumlah dan kualifikasi dosen yang berada di Prodi dan UPPS sangat mendukung tercapainya visi, misi, tujuan dan strategi yang sudah disusun. Dosen-dosen di Prodi Akuntansi Syariah sangat aktif dalam kegiatan akademik dan profesional baik tingkat internasional, nasional, maupun lokal. Adapun bentuk-bentuk keterlibatan akademik seperti; keynote speaker internasional pada kegiatan konferensi internasional, visiting lecturer, reviewer jurnal internasional, author dan editor jurnal internasional.
https://drive.google.com/drive/folders/12AVLtDg71SVbt4FgIkrJN8tcBTVSbIXp?usp=drive_link
a.2 Pengelolaan Dosen
Strategi pencapaian standar yang diresmikan oleh Institut berkaitan dengan SDM meliputi dosen serta tenaga kependidikan. Strategi pencapaian termuat di dalam Renstra FSEI tahun 2020-2024 dan rancangan renstra FEBI tahun 2025-2029. Secara umum memuat perencanaan SDM, pengembangan kompetensi, penjenjangan karir, reward dan punishment. Secara detail dapat dideskripsikan sebagai berikut:
UPPS dan Prodi Akuntansi Syariah sudah memberikan fasilitas dosen untuk berperan serta aktif dalam kegiatan akademik maupun professional dan berkomitmen penuh untuk mengembangkan modal intelektual para dosen baik secara individu maupun kolektif melalui peningkatan kualifikasi akademik dosen. Program yang ada diantaranya (1) pemberian motivasi dan fasilitas untuk melanjutkan studi ke jenjang doktoral, (2) peningkatan level jabatan fungsional, (3) pengajuan sertifikasi pendidik professional (bagi dosen yang eligible), (4) alokasi dana pelatihan untuk pengembangan diri, (5) pemberian fasilitas iuran keanggotaan dosen pada organisasi profesi seperti Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) dan Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI), (6) mengikuti kegiatan asosiasi profesi (Forum Dosen Ekonomi dan Bisnis Islam, Forum Dosen Akuntansi Syariah, Forum Manajemen Indonesia, (7) pemberian fasilitas untuk mendukung kegiatan penelitian dan PKM serta publikasi. Dengan fasilitas yang diberikan Prodi S1 Akuntansi Syariah FEBI IAIN Syekh Nurjati tersebut, dosen dapat mengembangkan kompetensinya untuk memperkuat modal intelektual dalam mendukung pencapaian VMTS Prodi Akuntansi Syariah FEBI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
Pencapaian standar yang dilakukan fakultas berkaitan dengan SDM dosen sebagaimana yang tercantum di standar mutu akademik FEBI serta Rencana Strategis FEBI IAIN Syekh Nurjati Cirebon berikut:
- Pemenuhan kebutuhan dosen sesuai kualifikasi pada setiap program studi.
- Peningkatan mutu dosen sesuai kualifikasi.
- Peningkatan jumlah bantuan dana studi lanjut S3 dalam negeri, dan meningkatkan dana pendampingan persiapan studi lanjut S3 luar negeri.
- Pelatihan pengembangan pembelajaran
- Keterlibatan dosen di kegiatan ilmiah pada tingkatan nasional serta internasional.
- Hibah penelitian dari Dikti, BLU, pemerintah daerah, instansi dalam dan luar negeri.
- Kerjasama PKM dengan pemerintah daerah, instansi dalam negeri, dan luar negeri.
- Publikasi jurnal nasional terakreditasi, internasional, media masa, dan seminar (nasional dan internasional).
- Jumlah Publikasi buku ber-ISBN ditingkatkan.
- Peningkatan jumlah paten sederhana, HKI, dan pengakuan karya rekayasa sosial. Program pengembangan karir dosen konsisten dengan upaya universitas serta fakultas guna memenuhi standar SDM.
Program pengembangan dosen meliputi akseler percepatan pangkat; program peningkatan keterlibatan dosen di bermacam kegiatan ilmiah nasional serta internasional seperti ICON; program peningkatan keterlibatan dosen dalam bermacam aktivitas konsultasi ekonomi, bisnis, sosial serta pemerintahan; serta program kenaikan perolehan dana hibah studi serta PkM beserta dengan luarannya baik dari lingkup universitas maupun instansi luar. Mekanisme dan prosedur pengembangan karir dan lainnya oleh UPPS dapat digambarkan sebagai Pengembangan dosen dilakukan melalui :
a. Komitmen melanjutkan pendidikan hingga Strata 3 pada saat awal diterima bekerja.
b. Dosen aktif mengikuti seminar call for papers, pelatihan, program sertifikasi serta workshop yang diadakan di IAIN Syekh Nurjati , lembaga yang lain baik di dalam ataupun di luar negeri.
c. Hibah pendanaan kompetitif untuk Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat seperti LPPM, Dikti.
d. Sosialisasi Percepatan Kenaikan Pangkat.
Kinerja tambahan Dosen Prodi Akuntansi Syariah yang melebihi SN Dikti adalah adanya kepemilikan sertifikasi profesional/kompetensi yang dimiliki DTPS. Sertifikasi profesional/kompetensi tersebut antara lain sertifikasi profesional di bidang akuntansi dan manajemen, asesor kompetensi BNSP, sertifikasi pendamping UMKM, sertifikasi reviewer penelitian, dan sebagainya. Selain sertifikasi yang dimiliki oleh dosen, Prodi Akuntansi Syariah juga memiliki keunggulan lain yaitu adanya program kerjasama dengan beberapa universitas di luar negeri yaitu University Kebangsaan Malaysia, Duta Mesir Untuk Indonesia, Al Mustafa Interasional University Iran, Fatoni University Thailand, Saudi Elektronik University, Marmara University Istanbul Turkey, Al-Ahqaf University Yaman, Syekh Ahmad Kaftaru University Damaskus, MSU Malaysia, IIUM Malaysia, UM Malaysia, Hebey University di China, Takamashu University dan Teikyo University di Jepang. Kerjasama juga diselenggarakan dengan perguruan tinggi dan Lembaga-lembaga pemerintah dalam negeri meliputi Badan Keahlian DPR RI, Bank Mandiri, Bank Indonesia, CIMB Niaga Syariah, Dirjen Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag, ISIF Fahmina, Kejaksaan Negeri Kota Cirebon, Pemkab Cirebon, UNSWAGATI, Dewan Sengketa Indonesia, UNU, Dirjen BImas Islam Kemenag, Gapai ASA, IAIN Batu Sangkar, Indonesia Tour Leader Muslim, Universitas Kuningan, Uninus Bandung, Universitas Al-Ihya Kuningan, Sadra International Institut ; program exchange lecturer, visiting professor dengan mitra universitas di luar negeri lainnya.
Berdasarkan Renstra FEBI tahun 2020-2024 maka disusunlah rencana operasional tahunan fakultas dan prodi. Selanjutnya diturunkan menjadi SKP dan RHK dosen dan seluruh civitas akademika. SKP dan RHK memuat target kinerja Tri Dharma dan Penunjang. Adapun bentuk- bentuk target dapat digambarkan sebagai berikut. Selain mendorong dosen untuk studi lanjut, pihak Prodi dan fakultas juga mendorong dan menugaskan para dosen untuk senantiasa mengikuti berbagai seminar, pelatihan, dan workshop yang diadakan di IAIN Syekh Nurjati maupun di universitas lainnya, baik di dalam maupun di luar negeri. Penugasan- penugasan tersebut merupakan bentuk dari pemberian tanggung jawab kepada dosen dalam rangka pencapaian visi dan misi program studi.
Kualifikasi dosen tetap sudah sesuai dengan Visi Misi, Tujuan dan strategi Prodi Akuntansi Syariah. Dalam penugasannya, para dosen telah ditugaskan sesuai dengan Beban Kinerja Dosen (BKD) yang diukur berdasarkan pelaksanaan kegiatan pokok, tugas tambahan dan kegiatan penunjang, sebagaimana diatur dalam SN-Dikti. Sesuai dengan data kinerja program studi, EWMP setiap dosen berada pada kisaran 12-13 sks. Hal tersebut sudah sesuai dengan SN Dikti dan pemenuhan Standar SDM FEBI IAIN Syekh Nurjati . Berdasarkan Peraturan Rektor IAIN Syekh Nurjati Nomor 23 tahun 2017 tentang Evaluasi Laporan Kinerja Dosen (ELKD) disebutkan bahwa Dosen memiliki perencanaan tugas profesionalismenya untuk satu tahun takwim (Januari – Desember) pada bulan Januari. Dosen profesional harus dapat menunjukkan laporan kinerja semesteran pada setiap saat dibutuhkan atau diminta. Dosen berkewajiban melaksanakan tridharma perguruan tinggi dengan beban kerja paling sedikit sepadan dengan 12 SKS dan paling banyak 16 SKS pada setiap semester. Melalui https://lpm.syekhnurjati.ac.id/bkd_baru/. Evaluasi dosen dilaksanakan dalam bentuk penilaian kinerja yang juga berfungsi sebagai dasar perencanaan, pembinaan, dan pengembangan dosen. Penilaian kinerja DTPS dilaksanakan satu tahun dua kali oleh program studi melalui aplikasi ELKD. Penilaian kinerja dosen juga berfungsi sebagai dasar untuk pemberian kesempatan promosi dosen. Dosen yang telah memenuhi syarat tertentu berdasarkan penilaian pimpinan program studi dan pejabat di atasnya akan berkesempatan untuk promosi menjadi pejabat struktural. Kesempatan promosi dan/atau mutasi juga ada pada dosen yang menduduki posisi struktural untuk menghindari kejenuhan kerja, dan diharapkan akan selalu terjadi pemikiran-pemikiran baru dalam upaya pengembangan suatu unit kerja. Salah satu prosedurnya adalah dengan menempatkan 2 (dua) staf dalam satu unit sehingga proses estate of knowledge dapat dijalankan. Selain itu, rotasi pejabat struktural dijalankan dengan pertimbangan kompetensi keilmuan yang dimilikinya.
Selain kesempatan promosi, dosen berkinerja minimal baik berdasarkan penilaian kinerja, akan mendapatkan berbagai penghargaan dalam bentuk kenaikan gaji berkala, pangkat, dan imbal prestasi.Imbal prestasi tersebut ditujukan agar dosen lebih termotivasi meningkatkan prestasinya baik di dalam maupun luar perguruan tinggi. Adapun jenis-jenis imbal prestasi atau reward yang diberikan oleh Institut melalui Prodi antara lain: reward publikasi di jurnal internasional, reward buku ajar, dan reward dosen berprestasi seperti menjadi best paper dalam sebuah conference atau Menjadi keynote speaker dalam sebuah seminar. Sistem promosi jenjang karir dan jabatan biasa disosialisasikan dalam website info.syekhnurjati.ac.id dan melalui group WA Kepegawaian.
https://drive.google.com/drive/folders/1Hu7sBuGHIW0os8YwMQLu0a85_hBj2lP2?usp=drive_link
b. Tenaga Kependidikan
Prodi Akuntansi Syariah FEBI IAIN Syekh Nurjati Cirebon didukung oleh sumber daya manusia dengan kuantitas dan kualitas yang memadai untuk memfasilitasi proses belajar mengajar, penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat. Tenaga kependidikan pada FEBI IAIN Syekh Nurjati Cirebon direkrut sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan antara lain Pustakawan, Laboran, Programer, Administrasi akademik, Administrasi Keuangan dan Administrasi Umum.
b.1. Kecukupan dan Kualifikasi Tenaga Kependidikan
Perkembangan jumlah tenaga kependidikan FEBI IAIN Syekh Nurjati berdasarkan pendidikan terakhir dan jabatannya sebagai berikut :
Tabel 5. Jumlah Tenaga Kependidikan FEBI IAIN Syekh Nurjati Cirebon
Jumlah dan kualifikasi tenaga kependidikan di FEBI IAIN Syekh Nurjati sebagai berikut :
Tabel 6. Jumlah dan Kualifikasi Tenaga Kependidikan FEBI IAIN Syekh Nurjati
b.2 Pengembangan Tenaga Kependidikan
Tenaga kependidikan yang terlibat pada FEBI IAIN Syekh Nurjati Cirebon paling tinggi berpendidikan Magister (S2) untuk posisi sebagai pranata teknologi informasi dan administrasi, sementara untuk tenaga kependidikan dengan pendidikan terendah yaitu SMA/SMK untuk posisi administrasi dan lainnya. FEBI IAIN Syekh Nurjati memiliki dengan tingkat pendidikan yang cukup untuk melayani program studi dalam penyelenggaraan proses pembelajaran.
Kualifikasi tenaga kependidikan pada UPPS dan Prodi Akuntansi Syariah sudah sesuai dengan pekerjaan yang menjadi tanggungjawabnya dan bersertifikat kompetensi tertentu sesuai bidang tugasnya. Sertifikat yang sesuai dengan kompetensi pekerjaannya antara lain: Sertifikat autentifikasi arsip digital dan otomasi pengelolaan arsip; Sertifikat pendidikan dan pelatihan pengangkatan arsiparis tingkat ahli; Sertifikat pelatihan bahasa; Sertifikat audit mutu internal; Sertifikat Akuntan; Sertifikat pelatihan kemampuan manajerial bidang kepegawaian; Sertifikat pelatihan keprotokolan; Sertifikat pelatihan pengolahan data; dan Sertifikat pelatihan teknisi komputer. Sama halnya dengan dosen, tenaga kependidikan juga diseleksi dan dibina melalui mekanisme dan prosedur pengembangan karir akademik dan sertifikasi profesional bagi tenaga kependidikan sesuai dengan visi, misi, tujuan dan strategi untuk memiliki kompetensi unggul. Pembinaan Tenaga Kependidikan antara lain melalui:
1. Kesempatan belajar diberikan dengan cara mengikutsertakan tenaga kependidikan dalam kegiatan pelatihan hard skill dan soft skill, kursus, seminar, dan workshop. Kesempatan belajar akan diberikan sesuai dengan bidang keahlian atau bidang yang sesuai dengan tugas-tugas yang bersangkutan.
2. Evaluasi kinerja per triwulan yang meliputi aspek prestasi, kedisiplinan,
potensi dan pengembangan diri, serta loyalitas dan tanggung jawab.
1.3. Pemberian penghargaan dalam bentuk reward prestasi serta kesempatan promosi dan rotasi Tenaga Kependidikan untuk menghindari kejenuhan dan mengembangkan ide.
2.4. Pemberian sanksi bagi tindakan indisipliner sesuai tingkat pelanggaran. Dukungan lain dalam pengembangan diri Tenaga Kependidikan adalah pemberian fasilitas dana sertifikasi profesi pada beberapa unit kerja, misalnya sertifikasi internal audit pada unit SPI dan digital marketing pada unit Pemasaran dan Hubungan Masyarakat. Jenjang karir tenaga kependidikan dimulai dari staf dapat dipromosikan menjadi koordinator bagian kemudian menjadi kepala bagian. Sosialisasi jabatan dan penyelarasan angka kredit, diklatpim, sertifikasi barang dan jasa, seleksi JFU, pelatihan pengelolaan data setiap semester berbasis digital. Mekanisme dan prosedur, dilakukan secara Top-Down dan Buttom-Up. https://drive.google.com/drive/folders/1MStp1GdWw4krt9MrTHIphe42PROEFy_L?usp=drive_link