a. Keuangan
Unit Pengelola Program Studi memiliki tugas dan peran dalam menjalankan tri dharma perguruan tinggi, yakni mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Setiap unit kerja termasuk program studi, merencanakan, membelanjakan, dan mengelola sumber daya keuangan sesuai dengan pedoman yang berlaku di IAIN Syekh Nurjati Cirebon, antara lain standar pembiayaan pembelajaran, standar pembiayaan penelitian, standar pembiayaan pengabdian, serta ketentuan yang berlaku di IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Pengelolaan keuangan merupakan suatu kegiatan terpadu yang terdiri dari hal-hal sebagai berikut:
1. Tahap Perencanaan
Dalam tahap ini, setiap unit mengusulkan kebutuhan, baik dari dekanat dan tata usaha, Prodi dan laboratorium. Sebelum melaksanakan penyusunan RKA-KL, terlebih dahulu dilaksanakan Bimtek Perencanaan. Usulan dan input kegiatan dibahas dalam anggaran (DIPA). Selanjutnya, penyusunan RKA-KL (Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga) dilakukan oleh tim PPK dan ditandatangani oleh PPK (Dekan). Setelah itu, draft RKA-KL diusulkan ke KPA (Rektor) pada Bagian Perencanaan Keuangan yang dilengkapi berkas, antara lain draft RKA-KL yang sudah ditandatangani oleh PPK, TOR (Term of Reference) seluruh kegiatan sesuai RKA-KL yang sudah ditandatangani Ketua Pelaksana, RAB (Rencana Anggaran Biaya), formulir, dan data pendukung lainnya.
2. Tahap Pelaksanaan
Pada tahap pelaksanaan, kegiatan diselenggarakan sesuai RKA-KL dan TOR. Selain itu, dilakukan pengawasan, evaluasi, dan tindak lanjut pelaksanaan kegiatan sesuai dengan Standar Operasional prosedur SPI. Setelah pelaksanaan kegiatan, pelaksana kegiatan membuat laporan yang terdiri dari laporan kegiatan dan laporan keuangan.
3. Tahap Evaluasi
Pada tahap ini, dilakukan evaluasi kegiatan dan anggaran secara rutin. Hasil evaluasi juga ditindaklanjuti guna adanya perbaikan setiap kegiatan yang dilakukan di masa mendatang.
4. Tahap Pelaporan dan Audit
Pada tahap pelaporan, PPK menyampaikan laporan seluruh kegiatan dan anggaran ke KPA (Rektor), menyampaikan LAKIP (Laporan Kinerja Pimpinan) atau laporan tahunan kepada KPA (Rektor), mempersiapkan laporan keuangan dan kegiatan untuk audit keuangan dan audit kinerja kepada BPK dan Inspektorat Jenderal (Irjen), dan mempertanggungjawabkan dengan menyelesaikan seluruh hasil audit BPK dan Irjen.
Standar pengelolaan keuangan (Standar Biaya Masukan 2023, Standar Operasional Prosedur Keuangan IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Standar Operasional Prosedur BLU), standar sarana dan prasarana dibutuhkan untuk menjamin tersedia dan terciptanya lingkungan akademik yang bermutu dan selaras dengan visi, misi, tujuan dan strategi. FEBI IAIN Syekh Nurjati Cirebon meyakini bahwa keuangan, sarana, dan prasarana merupakan faktor vital dalam menunjang keberlanjutan program studi. Oleh karena itu, FEBI IAIN Syekh Nurjati Cirebon melaksanakan standar pembiayaan pembelajaran, standar pembiayaan penelitian, dan standar pembiayaan pengabdian. Berikut ini dokumen kebijakan pengelolaan keuangan, sarana, dan prasarana:
1.Kebijakan mutu akademik tingkat institut yang tercantum pada Buku Kebijakan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) IAIN Syekh Nurjati Cirebon tahun 2018.
2.Standar mutu akademik tingkat institut yang tercantum pada Buku Standar Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) IAIN Syekh Nurjati Cirebon tahun 2018.
3.Rencana Strategis IAIN Syekh Nurjati Cirebon Tahun 2020-2024
4.Rencana Strategis FSEI IAIN Syekh Nurjati Cirebon Tahun 2020-2024
5.Rencana Strategis FEBI IAIN Syekh Nurjati Tahun 2023–2027
b. Sarana dan Prasarana
FEBI IAIN Syekh Nurjati Cirebon menyediakan berbagai sarana dan prasarana untuk menunjang kegiatan akademik, kegiatan tenaga kependidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, yang terbagi menjadi sarana fisik dan virtual.
1)Sarana Fisik
FEBI memiliki 24 ruang kelas yang digunakan oleh 4 Program Studi. Masing-masing ruangan dilengkapi dengan fasilitas AC, LCD proyektor, whiteboard, kursi kuliah, meja dan kursi dosen, aliran listrik serta jaringan wifi. Sarana lainnya guna mendukung kegiatan akademik di IAIN Syekh Nurjati, antara lain satu gedung perkuliahan dengan dua puluh empat ruang kuliah, auditorium, kantor administrasi, kantor pimpinan, lapangan parkir, laboratorium terpadu, klinik kesehatan, perpustakaan, Pusat Teknologi Informasi Pangkalan Data (PTIPD), Masjid, Kantin dan Koperasi Mahasiswa, Koperasi Harapan Sejahtera, Nurjati Mart, fasilitas olahraga (lapangan futsal, basket, voli, bulu tangkis, wall climbing, tenis meja, dan pencak silat), serta gedung Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).
Penggunaan dan pemeliharaan sarana dilakukan secara berkesinambungan di bawah koordinasi Bagian Umum sehingga seluruh sarana yang dimiliki IAIN Syekh Nurjati siap digunakan dalam mendukung proses pembelajaran. Manajemen bagian umum memiliki jadwal pemeliharaan yang baik sehingga kualitas sarana tetap terjaga ketika mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan dan pihak eksternal dapat menggunakan sarana tanpa kendala/hambatan. Prasarana pembelajaran sesuai dengan persyaratan SN Dikti, yaitu mencakup bangunan rektorat, gedung perkuliahan, ruang kelas, ruang dosen, ruang pimpinan, ruang administrasi, perpustakaan pusat dan fakultas, laboratorium terpadu, laboratorium komputer, Mini Bank, laboratorium bahasa, laboratorium Biologi, laboratorium Peradilan, laboratorium Perbankan, laboratorium Hisab Rukyat, laboratorium Radio dan Multimedia, Galeri Investasi, Tax Center, Halal Center, Haji Center, Ma’had al-Jami’ah, PSGA, Pusat Bimbingan Karir (Profil), prasarana tempat olahraga, ruang unit kegiatan mahasiswa, dan prasarana penunjang lainnya.
Sarana dan prasarana dikelola dan dipelihara secara efektif, serta pemanfaatan prasarana terjadwal dengan baik sehingga selalu siap mendukung proses pembelajaran. Prasarana bagi penyandang kebutuhan khusus diterapkan di IAIN Syekh Nurjati dengan menyediakan lift sebagai pengganti tangga, sehingga penyandang disabilitas dapat mengakses dari lantai dasar hingga lantai atasnya. Akan tetapi, belum semua gedung menggunakan lift. Saat ini IAIN Syekh Nurjati Cirebon juga sedang membangun gedung cyber bertingkat disertai lift sehingga dapat membantu disabilitas dalam mengakses dari lantai dasar ke lantai di atasnya.
Selain memiliki sarana dan prasarana utama yang diwajibkan oleh SN Dikti, IAIN Syekh Nurjati juga terus berupaya meningkatkan kualitas sarana dan prasarana, antara lain melalui pemanfaatan lahan kosong yang digunakan menjadi taman dan ruang terbuka, sehingga mempermudah civitas akademis dalam kebebasan berekspresi serta melakukan kegiatan kemahasiswaan lainnya.
FEBI IAIN Syekh Nurjati juga telah bekerja sama dengan berbagai instansi maupun mitra dalam menyediakan fasilitas penunjang. Sebagai contoh, kerja sama dengan Bursa Efek Indonesia (BEI) dan MNC Sekuritas untuk galeri investasi. Selain itu, FEBI IAIN Syekh Nurjati juga telah bekerjasama dengan Bank Syariah Indonesia menyediakan fasilitas kantin.
2)Sarana Virtual
Sarana yang digunakan dilengkapi dengan sarana Virtual sebagai contoh penggunaan LCD proyektor, dan sistem informasi akademik secara online. Sarana untuk praktikum akuntansi khususnya akuntansi keuangan yaitu software e-solution financial, SiApik, dan Accurate online. Prasarana yang tersedia di IAIN Syekh Nurjati Cirebon dilengkapi dengan fasilitas teknologi, diantaranya: kehadiran dosen, dan tenaga kependidikan menggunakan PDJ berbasis android, sementara mahasiswa menggunakan smart campus dan portal akademik; penggunaan CCTV di beberapa titik.
Tabel . Sistem Informasi Manajemen IAIN Syekh Nurjati Cirebon
No Nama Aplikasi Alamat URL
1 eAkademik https://siakad.syekhnurjati.ac.id/
2 eAkademik Portal https://portal.syekhnurjati.ac.id/
3 eRegistrasi https://registrasi.syekhnurjati.ac.id/
4 ePembayaran https://pembayaran.syekhnurjati.ac.id/
5 eAdmisi https://spmb.syekhnurjati.ac.id/
6 eAnggaran https://anggaran.syekhnurjati.ac.id/
7 eKeuangan https://keuangan.syekhnurjati.ac.id/
8 ePLO https://plo.syekhnurjati.ac.id/
9 eBeasiswa https://beasiswa.syekhnurjati.ac.id/
10 eAlumni https://alumni.syekhnurjati.ac.id/admin
11 Portal Alumni https://alumni.syekhnurjati.ac.id/
12 ePustaka https://pustaka.syekhnurjati.ac.id/bo
13 Portal ePustaka https://pustaka.syekhnurjati.ac.id/
14 eRiset https://riset.syekhnurjati.ac.id/
15 eSDM https://sdm.syekhnurjati.ac.id/
16 eSPMI https://spmi.syekhnurjati.ac.id/
17 eDashboard https://dashboard.syekhnurjati.ac.id/
18 Smart Campus http://sc.syekhnurjati.ac.id/
19 Tracer Study http://tracer.syekhnurjati.ac.id/
20 Si Borang http://siborang.syekhnurjati.ac.id/
21 Esami http://esami.syekhnurjati.ac.id/
22 Simail http://info.syekhnurjati.ac.id/mail/daftar/
23 Repositori http://repository.syekhnurjati.ac.id/
24 Sibaska http://opac.syekhnurjati.ac.id/skbpp/
25 E-Journal https://e-journal.syekhnurjati.ac.id/
Sarana fisik yang disediakan oleh FEBI IAIN Syekh Nurjati telah memenuhi kriteria sarana dan prasarana pembelajaran, lahan, sarana umum, gedung perguruan tinggi, sarana dan prasarana mahasiswa berkebutuhan khusus, serta kecukupan dan aksesibilitas sarana dan prasarana. Dengan demikian, fasilitas yang ada saat ini tergolong memadai karena ruang kelas dan fasilitas lainnya memenuhi kriteria dan nyaman digunakan. Sarana prasarana yang dimiliki oleh FEBI IAIN Syekh Nurjati juga memadai, baik untuk kegiatan akademik maupun kemahasiswaan.
Akses fasilitas akademik dibuat semaksimal mungkin dengan menyertakan fasilitas bagi penyandang disabilitas, seperti lift sebagai pengganti tangga dan lerengan (ramp) untuk pengguna kursi roda di pintu masuk utama. Sarana virtual yang dilengkapi dengan teknologi informasi mutakhir yang dimiliki oleh FEBI IAIN Syekh Nurjati tergolong berkualitas dan memadai dalam penggunaannya. Sistem akademik sangat membantu program studi dalam perencanaan dan pengendalian pada proses pembelajaran, mulai dari plotting dosen, penjadwalan perkuliahan, melaksanakan proses perkuliahan, proses ujian, proses penilaian dan proses pemantauan pembelajaran.
FEBI IAIN Syekh Nurjati memiliki rencana yang telah disusun dengan baik untuk pengembangan sarana dan prasarana. Saat ini, FEBI IAIN Syekh Nurjati telah mempunyai gedung Cyber yang modern, dilengkapi dengan sound system, AC dan smart tv. Gedung tersebut dapat digunakan untuk kegiatan multimedia (podcast), seminar nasional, workshop, dan kuliah umum.